Jumat, 03 Mei 2019

0




Komunitas Blogger Jambi (KBJ) dan Netizen Jambi Ngopi (Ngobrol Bareng Perkara Negeri) Bareng MPR RI

Membudayakan Literasi, Merawat Akal Sehat, Menguatkan 4 Pilar untuk Republic of Hope
(Oleh: Riza Fahlevi)

Ada sekelompok pemuda bringas berkonvoi berkeliling kota menebar moral. Ada anak muda memetik dawai mengeliligi dunia mengukir prestasi.
Ada segerombolan pelajar senyum sumringah setelah berbuat kejahatan. Ada segelintir pelajar mengelilingi kota membagikan setangkai mawar sambil membawa pesan perdamaian.

Kita seperti hidup dalam dua Republik: Republic of Hope dan Republic of Fears. Begitupun dengan dunia pendidikan kita. Akal sehat kita tentu menghendaki perwujudan dari Republic of Hope, secara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Tetapi tampaknya, penguasa politik lebih memilih memelihara Republic of Fears.

Negara kita memiliki lembaga-lembaga fungsional, yaitu: lembaga Eksekutif, Lembaga Legislatif, dan lembaga Yudikatif, yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing untuk menyelenggarakan roda pemerintahan demi terciptanya keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari-hari ini kepercayaan rakyat terhadap “Public Policy” justru menurun drastis, karena dampak untuk adanya rasa keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan terhadap masyarakat cendrung defisit.

MPR merupakan salah satu lembaga yang masih dipercaya oleh rakyat. Melalui program sosialisasi Empat Pilar Demokrasi., MPR selalu mendorong dunia pendidikan dan masyarakat untuk kembali pada falsafah dan pedoman utama dalam berbangsa dan bernegara. Adapun sosialisasi Empat Pilar MPR RI, yaitu: Pancasila (sebagai dasar dan ideologi Negara), UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR), NKRI (sebagai bentuk Negara),  dan Bhinneka Tunggal Ika (sebagai semboyan Negara).

Berbagai kegiatan dilakukan oleh MPR RI dalam upaya mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, diantaranya: debat antar pelajar, outbond, diskusi dan event lainnya diberbagai kota dan daerah diseluruh wilayah nusantara. Dengan harapan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan merekatkan persatuan ditengah masyarakat yang plural. Tidak hanya itu saja, sosialisasi ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali budaya literasi diberbagai kalangan masyarakat terutama pegiat media sosial, karena melalui media sosial informasi lebih mudah diakses dan disebar luaskan.

Beberapa waktu yang lalu kita baru saja melaksanakan Pemilu dan Pilpres secara serentak, tentu berdampak terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketegangan dalam kontestasi politik menjalar hingga pasca pesta demokrasi dilaksanakan. Keterbelahan ditengah masyarakat masih berlangsung secara terus-menerus, namun pemerintah bereaksi standar terhadap itu. Peran MPR RI sangat penting pada suasana saat ini, untuk merekatkan kembali keretakan yang terlihat jelas dalam masyarakat. Ya.. benar Pesta demokrasi sudah selesai, saatnya rekonsiliasi kembali keutuhan persatuan dan kesatuan negeri.

Budaya literasi adalah budaya akal sehat, mengaktifkan akal sehat adalah cerminan Negara berkemajuan. Literasi sepaket dengan menumbuhkan pikiran atau pemikiran baru. Pikiran bukan apa yang dituangkan dalam tulisan, tapi apa yang menimbulkan kuriositas berlanjut. Literasi tidak tumbuh hanya dengan menghafal nama-nama ikan.

Pepatah itali mengingatkan: “Bila akal sehat tertidur, maka para monsterlah yang menguasai malam”. Kepemimpinan yang gagal mengaktifkan akal sehat, bertanggungjawab terhadap munculnya Republic of Fears. Ekonomi dapat bertumbuh tanpa kebijakan pemerintah, tetapi keamanan warganegara dan keadilan sosial menghendaki pemihakan Negara. Tanpa pemihakan itu, Republic of Fears akan tumbuh melampaui Republic of Hope.

Marilah merawat Republik dengan akal sehat, agar kita dapat nyenyak sepanjang malam. Karena besok, ada tugas menanti di Republic of Hope.

Negera ini tidak boleh kekurangan pikiran.
Negara ini tak boleh didominasi oleh kedunguan.


(Riza Fahlevi. 2019)

Author Image

About Fahlevinisme.blogspot.com
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar